MOS 2012


Menjadi sebuah momentum awal bagi smk tiara nirwana untuk memperkenalkan jati diri sekolah Bagi masyarakat luas terlebih bagi siswa yang telah menentukan pilihannya untuk bergabung bersama, melalui kegiatan masa orientasi siswa MOS yang telah terlaksana dengan baik. Kegiatan MOS terlaksana melalui tahapa-tahapan yang telah disusun melalui perencanaan yang matang, setelah adanya tahap seleksi penerimaan calon siswa baru tahun ajaran 2012/2013.
 
Adanya kurikulum pembelajaran yang telah diseting dengan sedemikian rupa, membuat pelaksanaan Kegiatan MOS yang dilaksanakan di sekolah ini terlihat berbeda dari kegiatan MOS di sekolah-sekolah pada umumnya. Hal ini bertujuan tiada lain, selain memperkenalkan jati diri sekolah kesiswa, mengharapkan siswa dpat merasakan dan mengenal secara dini berbagai kurikulum produktif  yang akan diajarkan selama 3 tahun kedepan.

Berbagai program kegiatan yang telah disusun telah terlaksana dan terlewati dengan semangat yang tinggi dari seluruh siswa. Diawali dengan pembukaan MOS yang dilaksanakan pada senin 16 juli 2012 tersebut, siswa dikenalkan  materi wawasan wiyata mandala, Penjelasan mengenai makna logo dan bendera SMK Tiara Nirwana serta penyampaian visi dan misi SMK Tiara Nirwana, tidak terlewati juga siswa dilatih Menjadi Siswa Berprestasi melalui Management Waktu serta menjadi pemimpin dalam suatu organisasi.



SMK Tiara Nirwana merupakan sekolah dengan kejuruan ketenagalistrikan, sehingga hari kedua  dan hari ketiga MOS, kegiatan terancang dalam program yang mengajak siswa untuk mengenal dunia kelistrikan lebih dekat, berbagai  kegiatan pun telah terlaksana, yakni mengajak siswa melakukan demontrasi pembuatan  rangkaian listrik  sesuai gambar hingga mengajak siswa mengunjungi lokasi perakitan panel listrikdi salah satu anak perusahaan graha holding campany, yakni nirwana cipta kreasi.  ,Selain itu pula kegiatan dikemas dengan sedemikian rupa, dengan mendatangkan narasumber dari PLN Langsung untuk membagikan wawasan yang belum terjamaah oleh siswa, dengan pemberian materi hemat energy serta pemaanfaatan energy.


Dihari keempat pelaksanaan MOS, siswa dilatih menjadi siswa yang mempunyai disiplin yang tinggi lewat kegiatan baris berbaris yang secara langsung mendatang kan instruktur dari pihak kepolisian. 

Dihari keempat tersebut pula, MOS dirancang menjadi  sebuah kegiatan MOS yang berbeda dari sekolah lainnya, yakni siswa diajak mendemonstrasikan pembersihan AC dari instruktur yang berpengalaman di bidang AC, yaitu Bapak Alit dan Bapak Eko dari Bali Nirwana Aircon.


Kegiatan disusul dengan mengunjungi salah satu lokasi project perusahaan dengan tujuan Melihat kegiatan nyata suatu project instalasi listrik.



Pelaksanaan  kegiatan meditasipun diselipkan pada hari MOS tersebut, dengan tujuan melatih  kesehatan rohani anak.

Hampir seminggu melaksanakan kegiatan MOS, acara penutupan MOS dikemas dengan semenarik mungkin, siswa diajarkan menyayangi alam dengan melakukan penghijauan. Kawasan Jati Luwih dipilih sebagai objek penghijauan dengan menanam 100 bibit pohon. Sebelum penanaman dilaksanakan, siswa melakukan traking mengelilingi kawasan Jati Luwih.



Melatih Kerjasama,komunikasi, dan interaksi anak, kegiatan outbond pun tidak terlewatkan, berbagai permainan dilaksanakan dikawasan perkebunan jati luwih tersebut, hingga Pelepasan atribut MOS dilakukan sebagai tanda penutupan dan berakhirnya masa orientasi siswa.



No comments:

Post a Comment

Post a Comment