PRAKTEK INDUSTRI

Para siswa/i SMK Tiara Nirwana, merupakan siswa/i yang dipersiapkan untuk menjadi sosok yang memiliki karakter giat bekerja dan disiplin serta memiliki keterampilan, sehingga mampu menjadi sosok yang tenaga kerja yang inovatif, produktif dan aplikatif. Untuk mencapai hal tersebut maka sangatlah perlu dilakukan kerjasama yang baik antara satuan pendidikan dengan dunia industri untuk mampu mewujudkan hal tersebut. Oleh karena itu untuk mengisi waktu liburan semester ganjil tahun pelajaran 2012/2013 para siswa/i SMK Tiara Nirwana diberikan kesempatan untuk mempraktekkan teori-teori yang telah dipelajari di kelas untuk diterapkan di dunia nyata (dunia kerja/industri), sekaligus mengenal dunia kerja secara langsung. Kegiatan ini dilaksanakan selama 7 hari efektif (20-28 Desember 2012) dan para siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok ditempatkan dunia industri yang berbeda, namun masih dalam ruang lingkup Teknik Ketenagalistrikan.

Kelompok pertama, siswa/i ditempatkan di PT Tiara Cipta Nirwana Divisi Power. Para siswa/i yang ditempatkan di sini diberikan kesempatan untuk mendalami kemampuan Drafter (memahami gambar rangkaian listrik).




Kelompok kedua, siswa/i ditempatkan di PT Tiara Cipta Nirwana Divisi Building Installation. Para siswa/i yang ditempatkan di sini diberikan kesempatan untuk mengenal dunia Project Building Installation, yaitu di salah satu Project PT Tiara Cipta Nirwana yang berlokasi di Jimbaran, Pecatu. Para siswa banyak mendapat kesempatan untuk mempraktekkan kemampuan mereka dalam memasang intalasi bangunan terutama bagian elektrical.




Kelompok ketiga, siswa/i ditempatkan di PT Nirwana Cipta Kreasi. Para siswa/i yang ditempatkan disini mendapatkan pembelajaran mengenai pembuatan panel listrik, baik secara mekanik maupun elektrical.




Para siswa sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini, dan mereka merasa senang karena memperoleh pengalaman baru. Meskipun baru menjalani pembelajaran di kelas selama 6 bulan, namun para siswa sudah mampu mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari di sekolah untuk diterapkan di dunia kerja.

No comments:

Post a Comment